Minggu, 16 Mei 2010

Budaya Cirebon ( Nadran, Wayang Kulit, Tarling, dan Tari Topeng )

Nadran, Wayang Kulit, Tarling, dan Tari Topeng
Sebagai kota pantai, masyarakat Cirebon juga kerap menyelenggarakan upacara Sedekah Laut atau biasa disebut Nadran. Dulu, pada perayaan itu disiang hari masyarakat menggelar pertunjukan tari topeng, dan wayang kulit dimalam harinya, selama 3 hari berturut-turut.



Tari topeng dan Wayang kulit ini dibawakan oleh sanggar-sanggar seni dari Indramayu yang saat itu masih menjamur. Papaku sering mengajak menonton wayang, tapi terus terang, aku tidak begitu memahami lakon wayang yang dibawakan dalang, karena menontonnya pun sambil terkantuk-kantuk. Tapi kantuknya akan langsung hilang begitu papaku membelikan wedang jahe. He..he...Huaahh...sedap...aduuhhh, jadi ngelantur ke masa lalu. Hla iya, wong sekarang ini kalo pingin nemuin lagi tontonan wayang sudah sangat sulit. Jadi bisanya ya hanya dari nostalgia...Yeah..nostalgia juga mendengarkan lagu tarling yang dibawakan Abdul Ajib, sang tokoh legendaris seni tarling Cirebon, karena sekarang ini musik tarling telah bercampur dangdut dan melayu modern.
Tapi, saat pertunjukkan seni tari topeng digelar di siang harinya, wah...demen banget aku menontonnya. Seingatku durasi tari topeng Cirebonan cukup lama dibawakan untuk setiap lakonnya. Kadang diselingi dagelan, atau saweran dari pengunjung. Dan aku menikmatinya hingga satu atau dua babak ! Bagiku tari topeng Cirebonan punya keunikan tersendiri, punya ciri khas dibanding tari topeng daerah lain. Tarian topeng Cirebon dibawakan dengan gaya yang 'gagah' meskipun yang menari adalah wanita. Apapun tokoh yang diperankan, si penari memerankannya tidak dengan lemah gemulai khas para penari wanita. Penasaran? Hayuk tonton tari topeng Cirebonan. But where?......masih ada kok, belum lama ini Grage Mall menyelenggarakan lomba tari topeng berikut Pameran etnik Cirebon. Ufff...sayang, kebanyakan para penari peserta lomba tidak tampil dengan dandanan khas penari topeng Cirebon. Sebagian besar malah berdandan ala penari reog ponorogo. Priben jeh?? Sedih memang....padahal tari topeng Cirebonan ini pernah ngetop hingga ke luar negeri loh.... Mimi Rasinah, oleh beliaulah, sang maestro tari topeng Cirebon, tarian ini melenggang-lenggok di mancanegara.
Ada juga Burok dan Sintren, yang juga kesenian dari sekitar Cirebon, juga jarang diadakan lagi. Kalaupun ada mungkin kita harus mencarinya hingga ke pedesaan yang agak jauh dari kota.
Wahai seni budaya Cirebon, ayo dong gencar lagi......tapi...duuuhhh...jangan dicampur aduk musik dangdut gitu duooonkkk. Bukan apa-apa, biar rasa Cirebon nya itu kental.

2 komentar:

  1. Kula mbuka2 internet, eh kependak blog ge panjenengan. Matur kesuwun mas, dados inget malih jamane sengien antara jaman taun 65 - 70 an, kangen saged nonton malih kesenian cerbonan, mulai tarling, tari topeng, genjring sulap napa malih wayang kulite (sareng cerita babad cirebonane jenh). Cumi wayang kulit cerbonan ko boten wonten nggih kang saged di unduh, padahal wayang golek wonten atanapi waynag kulit saking jawa wonten. Nah Mas Adi sumerep website atanapi blog kang muat wayang kulit cerbonan?? Matur kesuwun mas.

    BalasHapus
  2. kang Sudarso.. enggih kula unduh kesenian kesenian kang ana ning daerah cirebon..
    kula mboten gadah file nya kang..

    insya allah lamon ana kula unduh..
    sepindah mali kang kesuwun ya saged niliki blog kula...

    BalasHapus