Sabtu, 15 Mei 2010

Keraton Kanoman Berikan Pelatihan Batik Cirebon Gratis


CIREBON : Keraton Kanoman Cirebon meresmikan pelatihan pembuatan batik khas Cirebon yang diberi nama Pelatihan Batik Keraton Kanoman Jumat (17/10) malam tadi di pendopo Keraton Kanoman Cirebon. Kegiatan yang disponsori oleh Kartu Kredit BRI Platinum ini dihadiri oleh aktris senior Christine Hakim.

Ratu Raja Arimbi, selaku Direktur Pelatihan Batik Keraton Kanoman mengatakan upayanya menyelenggarakan pelatihan tersebut dalam rangka melestarikan salah satu budaya Cirebon yaitu Batik.

"Kami mengajak 20 peserta pelatihan yang terdiri dari 10 peserta dari keluarga tidak mampu, enam peserta merupakan anak putus sekolah dan empat peserta lain yang mempunyai minat dan keinginan untuk melestarikan kebudayaan Cirebon, untuk mengikuti pelatihan batik Keraton Kanoman secara Gratis," kata Ratu Arimbi.

Menurut Ratu Arimbi, untuk menjaga kelestarian batik Cirebon, pihaknya sengaja mendatangkan pakar batik trusmi sebagai pengajarnya, Katura.

"Beliau adalah pakar batik trusmi yang akan menelurkan kemampuannya menghasilkan batik Cirebon yang
sesungguhnya," lanjut Ratu Arimbi.

Christine Hakim yang ditunjuk sebagai brand ambassador Kartu Kredit BRI Platinum mengaku bangga dan merasa terhormat atas kesempatan yang diberikan kepadanya dilibatkan dalam rangka pelestarian budaya Cirebon tersebut.

"Kami sebagai partner pelestarian budaya Cirebon merasa terhormat mempunyai kesempatan berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia, terutama batik Cirebon yang sudah mulai dilupakan oleh generasi mudanya," ujar Christine dalam sambutannya.

Pantauan BeritaCerbon.com, launching pelatihan batik keraton kanoman dihadiri langsung oleh Sultan Kanoman XII, Pangeran Raja Muhammad Emirudin beserta keluarga besar keraton Kanoman. Selain itu para tamu undangan dipersilahkan melihat proses pembuatan batik khas Cirebon dan hasilnya.

Sebagai acara penutup, para tamu undangan juga dipersilahkan mencicipi makanan khas Cirebon seperti botok roti, lapis pisang, wingko pisang, teh rosella serta menyantap hidangan khas Keraton Kanoman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar