Minggu, 16 Mei 2010

Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon





Cirebon - Ribuan masyarakat Cirebon, Jawa Barat, mengantar jenazah Sultan Sepuh XIII Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati H Maulana Pakuningrat untuk dimakamkan di Kompleks Pemakaman Keluarga Sunan Gunung Jati, Sabtu (1/5).

Jenazah Sultan Sepuh dimakamkan di samping makam ibu suri Ratu Raja Mintarsih di komplek pemakaman keluarga itu yang terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Sebelum diberangkatkan ke pemakaman jenazah Sultan Sepuh disemayamkan di Ruang Prabayaksa Keraton Kasepuhan untuk disalatkan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa tahlil secara bersama-sama dipimpin oleh Penghulu Masid Agung Sang Cipta Rasa.

Sekitar pukul 10.00 WIB, jenazah diberangkatkan diiringi pasukan Wargi Jati Keraton Kasepuhan yang membawa tombak berbendera kuning dan Pasukan Blandrang, yaitu tujuh Penghulu Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang selalu mengumandangkan Adzan Pitu (tujuh) setiap menjelang salat Jumat yang ditandu sambil membacakan surat Yasin.

Kemudian keranda dibawa menuju kompleks pemakaman keluarga Sunan Gunung Jati yang jaraknya sekitar tujuh kilometer dari Keraton Kasepuhan dengan berjalan kaki. Keranda digotong bergantian oleh anggota keluarga, abdi dalem keraton, dan prajurit keraton melalui Jalan Winaon, Karanggetas, Siliwangi, kemudian Klayan dan akhirnya tiba di kompleks pemakaman di Desa Astana.

Sepanjang perjalanan ribuan masyarakat mengantar kepergian Sultan Sepuh hingga ke pesistirahatan terakhir. Masyarakat pengantar sambil membaca tahlil dalam perjalanan yang cukup jauh di bawah terik matahari.

Setiba di kompleks pemakaman, keranda dibawa ke lokasi pemakaman melalui Lawang Pasujudan menuju Gedong Malang yang letaknya berada di tingkat ke tiga dari Gunung Sembung yang bernama Blok Ganggong.

Di areal tersebut terdapat makam beberapa tokoh Cirebon jaman dahulu yang namanya hingga saat ini diabadikan sebagai nama desa seperti Ki Gede Mayung, Ki Gede Balongan, dan Ki Gede Kaliwatu.

Beberapa pejabat yang ikut hadir dalam pemakaman tersebut diantaranya Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah Cirebon Ano Sutrisno, serta Unsur Muspida Kota dan Kabupaten Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar