Minggu, 16 Mei 2010

Souvenir dari Cirebon-Batik Trusmi, dll

Souvenir
Ragam souvenir yang pantas jadi special gift di Cirebon banyak. Jangan bingung, selain makanan, aneka handicraft asli Cirebon pasti bagus untuk dijadikan oleh-oleh atau tanda mata.



Batik Trusmi
Pernah nonton acara Dangdut Mania atau Mamamia di TPI dan Indosiar? Nah,Ivan Gunawan dan Eko Patrio seringkali memakai baju dengan motif khas batik Trusmi Cirebon. Mega Mendung. Terima kasih ya mas-mas, sudah memperkenalkan batik Trusmi Cirebon. Oow...pak Presiden di beberapa kesempatan juga memakai batik ini. Kok tauk ya kalau yang mereka pakai itu Batik Trusmi? Ya iyalah...motifnya itu loh...Mega Mendung....Bangga pisan atuh kitae..... Sekarang kita sambangi tempatnya. Yuuukk....
Terletak sekitar 5 km arah barat daya dari kota Cirebon, yaitu di desa Trusmi-Plered,kita akan mendapati banyaknya showroom yang memajang Batik Cirebonan atau Batik Trusmi. Sebagai pelengkap, showroom-showroom ini juga menyediakan Batik Pekalongan, Yogya, dan Solo. Terutama untuk Batik Tjap. Sedangkan Batik Trusmi sendiri jenisnya bervariasi, ada Batik Tjap atau Batik Tulis, dari Bahan Sutra atau Katun, yang masih berbentuk kain, kemeja, atau rok. Begitupun harganya, dari 50 ribu perak hingga jutaan rupiah. Batik Trusmi diproduksi masyarakat setempat, baik pemilik showroom sendiri atau diborongkan pada warga sekitar. Pokoknya, silakan datang, tinggal pilih.......mau datang langsung atau browsing dulu, silakan, mangga atuh...



Rotan
Tegalwangi adalah daerah sentral kerajinan rotan. Lokasinya tak jauh dari Trusmi, atau sekitar 7 km dari Cirebon, persis di pinggir jalan raya Cirebon-Bandung/Jakarta, berjejer showroom yang memajang berbagai jenis handicraft berbahan dasar rotan. Sekarang ini sedang in rotan dipadankan dengan eceng dan pandan. Berbagai bentuk olahannya dari tempat tissue hingga furniture : meja, kursi, tempat tidur, dan lemari. Dari yang dibandrol 20 ribu hingga jutaan rupiah. Selain dibuat di rumah-rumah warga, di sekitar area ini banyak juga pabrik rotan yang cukup besar dan telah mengeksport produknya ke mancanegara. Mau? Eh siapa tauk, perabotan rotan yang ada di rumah berasal dari sini.



Topeng
Sebenarnya produksi pengrajin topeng Cirebon lebih untuk memenuhi kebutuhan seni budaya tari topengnya. Namun seiring dengan langkanya pertunjukan seni tari topeng Cirebonan, maka handicraft topeng pun terpinggirkan. Hayok....yang senang dengan perburuan, silakan, tolong temukan kerajinan ini dipajang, entah di restaurant atau hotel, paling cuma dapat di satu dua tempat. Ufff...mengenaskan memang ! Padahal nih, bentuk topengnya menarik, punya ciri dan karakter tersendiri dibanding topeng dari daerah lain. Topeng Cirebon always smile. Sekalipun untuk tokoh yang sangar seperti Tumenggung. Beberapa wajah topeng Cirebon yang terkenal yaitu Kelana, Rumyang, Tumenggung, Panji, dan Samba. Dewasa ini dibuat pula topeng kecil dalam bentuk gantungan kunci. Lumayan ...masih ada wujudnya juga.

Lukisan Kaca
Tak banyak daerah yang menghasilkan pengrajin lukisan kaca. Karena sulitnya pengerjaan. Berbanggalah Cirebon, memiliki para pengrajin lukisan kaca. Tentu dengan motif dasar kebanggan Cirebon,wadasan atau mega mendung. Tidak banyak para pelukis kaca yang membuat motif ini. Selain rumitnya pengerjaan, juga para pekerja seni dewasa ini sebagian berproduksi mengutamakan selera konsumen. Karena konsumen yang datang bukan hanya dari daerah Cirebon, maka nya motif-motif lukisan kaca kini lebih beragam design dan gambar.



Bagaimana? Pasti ngebet pingin ke Cirebon ? Huaahh...ntar dulu, ada yang belum diulas neehh... Gimana dengan seni budayanya ? Nah itulah......

1 komentar:

  1. Dimana saya dapat membeli batik yang warna dan modelnya serupa dengan yang anda post kan di halaman Souvenir dari cirebon_batik trusmi.Karena saya sudah ke toko2 tidak menemukan yang serupa.Warnanya buat saya sangat menarik.

    BalasHapus